Rabu, 20 Agustus 2014

Communiation Science

Di postingan sebelumnya, aku kan udah bahas tentan kampusku. Nah, sekarang giliran jurusanku yang bakal aku deskripsikan hohoho here we go!

Communication science atau ilmu komunikasi. Pasti banyak deh yang bertanya; Ilmu Komunikasi? Ngapain dipelajarin? Kan kita udah berkomunikasi tiap hari, buat apa coba? Mau jadi apa coba kuliah komunikasi? Nah, orang-orang yang masih berpikiran seperti ini yang harus diberi penjelasan lebih tentang apa itu Ilmu Komunikasi.
Ilmu Komunikasi merupakan salah satu terapan ilmu yang sangat luas untuk dipelajari. Karna nama prodinya Ilmu Komunikasi, bukan berarti yang kita pelajari hanya cara berkomunikasi saja, tetapi juga mempelajari cara memahami lingkungan sosial, media visual sebagai penunjang berkembangnya suatu tingkat kesejahteraan dalam masyarakat. Perkembangan dunia komunikasi dan informasi pasti selalu berbanding lurus dengan kebutuhan manusia akan media. Jadi, dapat dikatakan bahwa manusia akan selalu membutuhkan komunikasi untuk berkembang. Jadi, kata lainnya lagi, Ilmu Komunikasi selalu menjadi aspek penting dalam perkembangan kehidupan masyarakat.

Dalam ilmu komunikasi, pada umumnya terdapat tiga konsentrasi yaitu public relation, broadcasting dan jurnalistik. Seperti yang aku katakan diatas, ilmu komunikasi itu luas banget untuk dipelajari. Saat ini, ilmu komunikasi sedang berkembang pesat banget karena peminatnya sangat meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu penyebabnya adalah karena ilmu komunikasi bersifat fleksibel dan selalu mengalami perkembanan-perkembangan setiap tahunnya. Dari suatu artikel yang pernah aku baca, aku mendapatkan informasi bahwa lulusan prodi ilmu komunikasi adalah lulusan yang paling diari sampai sepuluh tahun ke depan. Bayangkan saja, lapangan pekerjaan yang tersedia untuk lulusan komunikasi sangatlah banyak; penyiar, public relation, jurnalist, reporter, desain komunikasi visual, bekerja di tv, dan juga bekerja sebagai media visual di perusahaan-perusahaan besar. Nah, terjawab sudah kan pertanyaan tentang lulusan komunikasi mau kerja apa nantinya? HEHEHE.

See ya on the next post!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar